RSS

Virus Worm

05 Apr
Penulis  Azwar

Virus Komputer (Worm)

A. Pengertian dan Jenis- jenis virus

Ada banyak definis mengenai virus . Ada yang mendefinisikan virus sebagai suatu software yang bersifat merusak dan memiliki kemampuan memperbanyak diri. Definisi lainnya menyatakan bahwa virus adalah sebuah program yang dapat menempel pada program lain dan memiliki kemampuan memperbanyak diri. Selain pengertian di atas, virus juga dapat didefinisikan dengan kriteria berikut :
  • virus memiliki kemampuan menduplikasi diri. Duplikasi tersebut dapat berbeda-beda tergantung jenis virus itu sendiri.
  • virus membutuhkan tempat untuk memperbanyak diri, seperti sebuah file baik yang terdapat di dalam server, workstation, disket, dokumen maupun system boot record.
Dari banyak pengertian virus , dapat disimpulkan bahwa virus adalah suatu program atau software yang dapat mereplika diri dalam sebuah kode dengan maksud melakukan sesuatu di dalam sistem komputer tanpa disadari oleh pengguna komputer dan biasanya menyebabkan kerusakan pada komputer yang terinfeksi.

B. Jenis-jenis virus yaitu :

  1. Virus File yaitu salah satu virus yang menempel pada program umumnya file .exe atau .com
  2. virus sistem umumnya juga dikenal dengan virus boot
  3. virus dropper program yang dibuatkan atau dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus pada komputer yang menjadi target serangan. Prinsip Dropper sama seperti sebuah amplop yang di dalamnya terdapat virus. Yang menyebar adalah virus, bukan dropper. Di dalam dropper bisa saja terdapat beberapa jenis virus yang menjadi aktif ketika program berjalan. Kode virus dapat diprogram seperti virus dan scanner tidak menemukan tersebut. Untungnya sebagian besar dapat dideteksi.
  4. Worm yaitu virus yang tergolong banyak menyerang komputer dan juga sebagai parasit karena dapat menduplikasikan diri
C. Cara virus worm berproduksi (memperbanyak diri)

worm adalah kumpulan coding dari bahasa pemrograman yang memiliki tujuan untuk memperlambat kerja komputer. konsep kerja dari worm, pertama ia mencari celah untuk masuk ke dalam suatu komputer yang belum terinfeksi oleh worm. hal ini bisa dilakukan dengan menyisipkan coding worm pada suatu file yang menarik user untuk mendownload file tersebut. setelah worm berhasil masuk maka ia akan memperbanyak dirinya pada setiap folder atau directory pada hardisk, sehingga kapasitas hardisk menjadi penuh. bila hardisk sudah penuh maka dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lebih lambat. maka dari sinilah virus worm menjadi sangat berbahaya bagi komputer kita.

D. Cara Virus Worm menginfeksi Virus Data

Worm adalah jenis virus yang tidak menginfeksi program lainnya. Ia membuat copy dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya (biasanya menggunakan hubungan jaringan) tetapi tidak mengkaitkan dirinya dengan program lainnya, akan tetapi sebuah worm dapat mengubah atau merusak file dan program

E. Cara membasmi virus worm

Worm ini mampu mengubah/menambah fungsi internal windows (TCP) untuk memblok akses situs-situs keamanan (security/antivirus), dengan memfilter alamat yang mempunyai karakter/text tertentu. Dan untuk menghilangkan efek tersebut tidak mudah, karena boleh dibilang sudah tingkat low level programming.

Worm ini didesign untuk melindungi diri dari deteksi antivirus dengan menggunakan teknik tertentu yang jarang digunakan, melindungi diri dari upaya untuk di hapus, mematikan windows update, restore point sebelum infeksi, mematikan trafik jaringan tertentu, mengoptimalkan fitur windows Vista untuk memudahkan penyebaran, mampu menginjeksi explorer.exe, svchost.exe dan services.exe dan lainnya.

Bagi anda yang belum terkena virus ini di sarankan untuk update Sistem Operasi anda secara teratus. Sedangkan jika komputer sudah terinfeksi, maka bisa download remover tool, baik dari F-Secure atau Bitdefender

F. kesimpulan

virus worm adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru. Virus komputer memang dapat menginfeksi berkas-berkas dalam sebuah sistem komputer, tapi worm dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Beberapa worm, juga dapat mencakup kode-kode virus yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi tidak berguna.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 April 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: